pengangkutan air dan nutrisi pada tumbuhan


pengangkutan air dan nutrisi pada tumbuhan



A. pengagkutan air
      Gambar terkait 

 pertama ,air diserap oleh rambut2 akar,kemudian, masuk ke sel epidermis melalui proses osmosis. selanjutnya, air melalui korteks. dari korteks air melalui endoermis dan perisikel, dan yang terakhir air masuk ke jaringan xilem dan menuju batang dan daun.
Gambar terkait

          air dapat di angkut naik dari akar ke bagian tumbuhan lain karena adanya kapilaritas batang. sifat ini sama dengan pipa kapiler. pipa kapiler berbentuk seperti sedotan tetapi memiliki diameter yang sangat kecil.sehigga air yang terapat pada batang tanaman lebih tenggidari pada air yang di tanah
          daya kapilaritas batang di pengaruhi oleh adanya gaya kohesi dan adhesi. melalui kohesi air akan menyebabkan gaya tarik-menarik antara molekul-molekul air sehingga air dapat bergerak naik. melalui adhesi, molekul air membentuk ikatan yang lemah dengan dinding pembuluh.
          selain karena gaya kohesi dan adhesi air naik karena daya isap daun dan pengguapan air untuk fotosintesis. pada daun air mengalami pengguapan. pengguapan air disebut transpirasi. penggunaan air pada daun menyebabkan air pada bagian xilem sehingga air pada akar dapat naik ke daun.

B.pengangkutan nutrisi

           semua bagian tumbuhan memerlukan nutrisi. agar kebutuhan nutrisi di setiap bagian tumbuhan, maka di butuhkan proses pengangkutan nutrisi hasil fotosintesis berupa gula dam asam amino keseluruh tumbuhan.pengangkutan hasil fotosintesis melalui pembuluh floem.
           pengangkutan di mulai dari daun (daerah yang memiliki konsentrasi gula tinggi) kebagian tanaman yang dituju (daerah yang memiliki konsentrasi gula rendah) dengan bantuan sirkulasi air yang mengalir melalu pebuluh xilem dan floem.

Gambar terkait












 
 

Comments

Popular Posts